Berekspresi Melalui Hip-Hop

Posted by: Kapur Tulis / Category:



oleh: Rahajeng K.H.


Tarian hip hop lahir dari pencampuran antara berbagai jenis dan gaya, sumber yang bisa menginspirasi tarian hip hop bisa berasal dari mana saja. Hip hop membebaskan penarinya untuk melakukan eksperimen dalam tariannya.
Melalui tariannya, kelompok Hip Hop Wanted Posse berhasil membius penonton yang memenuhi Taman Budaya Tertutup , Dago, pada Sabtu 5 Juni 2010. Penonton yang memenuhi ruangan, terpesona dengan gerakan-gerakan yang dibawakan penari hip hop asal Perancis tersebut. Gerakan-gerakan yang diciptakan oleh Wanted Posse sendiri disebut sebagai new style, karena tari hip hop merupakan bagian dari ekspresi diri seseorang.
Malam itu tema yang dibawakan oleh Wanted Posse adalah TRANSE, yang bercerita tentang suatu bangsa yang terkadang tidak dipahami dan seringkali diperlakukan dengan semena-mena, kemudian timbulah pikiran untuk meloloskan diri secara fisik maupun spiritual. Kemudian tercipta strategi-strategi yang memungkinkan mereka berjuang dan bertahan berjuang. Selain itu menurut Mahame, salah satu penari Wanted Posse, TRANSE juga menceritakan begaimana gerakan yang dibawakan ibarat mereka adalah orang yang sedang kesurupan dan bisa menari dan berekspresi dengan bebas, tanpa ada beban. Penonton pun diajak merasakan kekayaan emosi dan teknik dalam tarian mereka hingga tidak perlu menjadi pencinta hip hop untuk memberikan applause yang meriah pada akhir tarian.
Penampilan wanted posse adalah salaah satu dari rangkaian acara yang diadakan oleh CCF (Centre Culture Francais) yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Sastra Perancis Universitas Padjadjaran. Tujuan dari acara ini adalah memperkenalkan kebudayaan Perancis kepada masyarakat Indonesia. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh CCF bertepatan dengan musim semi di Perancis. Menurut Severine Clair, Humas CCF orang-orang Perancis selalu menyukai musim semi, karena pada musim itulah bunga-bunga bermekaran dan orang-orang kembali bersemangat.


0 komentar:

Posting Komentar