PEKAN BUDAYA JEPANG, OBAKE

Posted by: Kapur Tulis / Category:




Sabtu (22/5), Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (Himade) Universitas Padjadjaran (Unpad) mengadakan Gelaran jepang. Gelar Jepang yang bertajuk Obake (Optimalkan Bakat dan kreatifitasanmu) ini diselenggarakan dalam rangka Pekan Budaya dan Bahasa Jepang. Obake Himade ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut. Pada hari pertama (22/3) acara lebih pada edukasi dan untuk hari kedua (23/5) lebih menonjolkan kreatifitas.

Hari pertama Obake merupakan bunkasai yang dibuka oleh penampilan tari tradisional Jepang, Shoran Boshi. Di hari pertama ini Lomba-lomba berbau edukasi diadakan seperti kana kontes, lomba pidato dan lomba pidato berbahasa Jepang. Selain itu ada juga Obake house (rumah hantu). Di Obake hause ini pengunjung dapat mengadu keberaniannya karena di rumah hantu ini pengunjung akan dikejutkan oleh mahasiswa yang berdandan seram. Pada siang harinnya Bunkasai diramaikan pula oleh penampilan drama oleh Himade berjudul “Jayaprana”. Drama yang ditampilkan merupakan drma kolosal Indonesia yang menonjolkan kebudayaan Bali, Namun drama dikemas dengan multi bahasa aitu Jepang – Indonesia, dimana narator akan membawakan cerita dalam bahasa Indonesia dan dialog pemain ditampilkan dalam bahasa Jepang.




Minggu (23/5), merupakan acara puncak yang menonjolkan pentas seni bertajuk matsuri. Dihari kedua ini konten acara ang ditawarkan lebih beragam. Terdapat macam-macam games, cosplay competition, para-para dance, band performance, dan pesta kembang api. Cosplay merupakan konten yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Cosplay competition dibagi menjadi dua kategori, yaitu cosplay individual dan grup. Untuk cosplay individual dimulai pada pukul 09.30 pagi dan cosplay grup pada siang harinnya. Acara yang di gelar di depan gedung Dekanat Sastra ini ramai pengunjung. Namun pada siang harinya sedikit terkendala oleh hujan. Tapi ini tidak mematahkan semangat peserta, pengunjung, ataupun penampil untuk terus meramaikan acara Obake.
Acara juga dimeriahkan oleh berbagai band yang menyanyikan lagu-lagu Jepang. Beberapa band tamu yang tampil di acara ini adalah Kabuki Clash, Voice Of June, dan dari Jakarta, Visual Bandit. Puncak acara pada malam harina ditutup oleh penampilan permainan Taiko dan tari Bon Odori serta pesta kembang api.

By : Aulia Laratika Rizal


4 komentar:

  1. Giznovpriy Says:

    Acaranya rame bgt,,sayang lagi-lagi saya ga hadir...

  1. Anonim Says:

    menarik!!!
    taun depan mo ikutan lagi. .

  1. chii7 Says:

    wah, pas ai tampil g di photo ne..
    hayoo datang tahun besok, ramaikan matsuri sasra jepang.
    banzai...

  1. yabu riku Says:

    waa... mau tau rincian acara nya boleh gag?? aku KOOR ACARA bunka tahun depan di unand>>...
    MAU TANYA JUGA...tentang obake no ie(obake house)tu,luas gag t4 nya..mau bikin si..tapi masih mikir biaya///

Posting Komentar