Bunraku, Drama Boneka Jepang

Posted by: Kapur Tulis / Category:




Sama halnya dengan wayang golek yang pamornya mulai ditinggalkan kaum muda, kesenian bunraku di Jepang pun sedang berusaha keras agar tak hilang terlekang zaman. Bunraku adalah sandiwara boneka tradisional yang berasal dari Jepang. Bunraku pertama kali diperkenalkan di Osaka pada tahun 1684. Kesenian ini terkadang disebut juga dengan ningyo joururi ( boneka narasi). Ningo joururi biasanya dibawakan dengan cara dinyanikan dengan diiringi oleh alat musik shamisen.



Kesenian ningyo joururi tercipta pada awal zaman Edo. Pertunjukkan ini tercipta dari usaha keras Takemoto Gidau, seorang tayuu dengan naskah yang dibuat oleh Chikamatsu. Kepopuleran ningyo joururi pada zaman itu mampu mengalahkan kepopuleran kabuki, sehingga banyak pementasan kabuki yang menggunakan naskah ningyo joururi. Namun pada awal 19 keadaaan berbalik, sehingga pemimpin kelompok ningyo joururi, Uemura Bunraken I berupaya memutar otak untuk menghidupkan kembali kesenian ini dengan cara mendirikan sebuah gedung pertunjukkan khusus ningyo joururi. Nama gedung pertunjukan tersebut Bunraku-za (teater bunraku). Lokasi Bunraku-za terus berpindah-pindah dan sempat terbakar saat perang dunia ke II. Sekitar tahun 1948, perusahaan hiburan yang mengelola Bunraku-za, Shochiku berselisih dengan serikat pekerja bunraku. Kesenian bunraku pun mengalami kemunduran.
Masalah ini baru terselalesaikan pada tahun 1963. Nama Bunraku-za digantin menjadi Asahi-za, dan posisi Shochiku sebagai pelindung kesenian bunraku digantikan oleh organisasi nirlaba Bunraku Kyoukai yang diponsorin Perfektur Osaka, kota Osaka, Departemen pendidikan Jepang dan NHK. Selain itu, untuk mengatasi masalah regenerasi di dunia bunraku pada tahun 1973 diambillah kebijakan baru dimana masyarakat awam pun diperbolehkan untuk mempelajari kesenian ini, bahkan telah meluas pula hingga ke luar negeri seperti Eropa dan Amerika.

By: Aulia Laratika Rizal


4 komentar:

  1. Daily Post Says:

    kurang ada gambar biar lebih menarik, aul ;)

  1. Giznovpriy Says:

    iya penasaran kaya gmn bentuk Bunraku??

  1. Unknown Says:

    haha. .
    mo di negara mana aja sepertiny lagi b'usaha keras buat lestariin budayanya. .
    great, we have must do somethin' too!!
    cayo!!

  1. zoom.in Says:

    ternyata da yg semacem wayang jg di jepang..
    jd penasaran..
    o ya,,bakal lebih seru kalo blog ini lebih banyak bahas budaya n seni di indonesia
    keep spirit!

Posting Komentar